Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Bayi

Makanan dan Nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga usia 2 tahun adalah Air Susu Ibu (ASI). Meski demikian tidak semua bayi bisa mendapatkan ASI secara maksimal karena berbagai alasan. Misalnya susu ibu tidak bisa keluar dengan baik untuk jangka waktu lama. atau ibu bayi bisa juga mempunyai kesibukan yang padat sehingga tidak bisa meneteki buah hatinya dengan sempurna.

Untuk kondisi seperti ini banyak cara yang dilakukan agar bayi tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup. Yakni, dengan memberikan susu formula sebagai pengganti ASI atau sekedar untuk menambah gizi karena pemberian ASI tidak bisa dilakukan maksimal tiap harinya.

Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk BayiKebanyakan, susu formula yang diberikan pada bayi neteini adalah susu sapi. Pemberian susu formula ini dilakukan karena para ibu umumnya sudah tahu akan manfaat dan gizi yang diperoleh dari susu sapi ini. Oleh sebab itu, mereka ini tidak khawatir jika susu ini dijadikan pengganti ASI bagi buah hatinya.

Seiring perkembangan waktu, sebagian orang tua sekarang ini mulai mencoba memberikan tambahan atau pengganti ASI dari susu yang berasal dari kambing etawa. Meski demikian, mereka yang memakai susu dari kambing etawa sebagai pengganti ASI ini belum sebanyak pengguna susu dari sapi. Kenyataan ini terjadi karena masih minimnya pengetahuan mengenai manfaat dan cara penggunaan yang benar terhadap susu kambing etawa. Kondisi ini menyebabkan susu kambing etawa kurang diminati. Hal ini, masih ditambah adanya isu bahaya adanya bakteri dalam susu kambing. Padahal kemungkinan bakteri atau virus juga bisa terjadi pada susu sapi.

Dari penelitian ahli, susu kambing lebih mudah dicerna oleh bayi karena mengandung protein alergi yang lebih sedikit. Gumpalan protein dari susu kambing yang dibentuk oleh asam lambung pada protein (dadih) akan lebih mudah dicerna oleh bayi. Kondisi ini bisa memberikan manfaat lebih terutama bagi bayi yang sering muntah atau memiliki kondisi gastroesophageal refluks (GER) atau masalah pencernaan. Selain itu, kandungan lemak lebih mudah dicerna karena mengandung jumlah asam lemak rantai pendek dan menengah yang lebih tinggi. Kondisi ini memungkinkan bagi enzim usus untuk lebih mudah mencernanya. Inilah alasan mengapa Susu Kambing Etawa lebih nyaman bagi pencernaan bayi dan balita dibandingkan dengan susu formula (susu sapi). Disamping itu, susu kambing diketahui mengandung jumlah laktosa yang lebih sedikit yaitu sebesar 4,1 persen dibandingkan dengan susu sapi sebesar 4,7 persen. Ada kemungkinan hal inilah yang membuat bayi lebih sedikit mengalami intoleransi dengan laktosa akibat susu kambing.

Susu kambing diketahui juga mengandung kalsium, vitamin B6, vitamin A, potasium, niasin dan antioksidan selenium yang sedikit lebih tinggi dibanding dengan susu sapi. Tapi kandungan asam folat dalam susu kambing ini lebih sedikit.

Meski punya manfaat yang sudah diuji dan diakui para ahli kesehatan namun sebaiknya jangan sembarangan dalam memberikan susu kambing ini pada bayi. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemberian susu kambing ini. Antara lain, simpan susu kambing bubuk didalam tempat yang kering dan tidak lembab. Rekomendasi simpan di dalam toples. Susu kambing etawa bubuk disarankan diberikan kepada bayi / balita yang sudah mengkonsumsi bubur. Dengan demikian sistem pencernaan bayi sudah baik dan dapat mengkonsumsi serta menyerap nutrisi susu kambing dengan maksimal. Penting untuk diingat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak atau ahli gizi anak terkait pemberian susu yang tepat. Semoga bermanfaat Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Bayi

Kata kunci yang banyak dicari: susu kambing etawa untuk bayi, manfaat susu kambing etwa untuk bayi, susu kambing untuk bayi, mengapa pada susu kambing etawa terdapat gumpalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s